Kamis, April 03, 2008

Obrolan kecil...

Tadi siang, di depan gedung c Fisip Unila tepatnya, gw dan temen gw ngobrolin tentang robot, karena kebetulan dia lagi baca artikel tentang perkembangan robot di Jepang. Ketika dia lagi asyik baca, gw nyeletuk "Mungkin ga sih ya, ntar bakal ada kejadian kayak di Matrix ato terminator? Dimana dunia ini dikuasain oleh robot? Dimana manusia ga lagi dominan tapi kekuasaan dipegang oleh para robot?" kata temen gw, "Mungkin, nih buktiya". Lalu dia bercerita tentang perkembangan robot di Jepang. Katanya sekarang Jepang sedang mengembangkan teknologi robot yang ditentang oleh seluruh dunia, kenapa? Karena robot itu nantinya akan menggunakan processor atau otak yang bisa berkembang dengan sendirinya. Waw, menakutkan yak??? Bisa dibayangin kayak mana kalo processor atau otak elektronik dengan artificial intelligence bisa berkembang sendiri, bisa mengembangkan program sendiri, membuat software sendiri, bisa2 nanti tiba2 alat militer kayak bom nuklir bisa dikuasain oleh para robot seperti yang kejadian kayak di terminator. Dunia manusia dihancurkan oleh bom nuklir, dan kemudian manusia punah, terus dunia dikendalikan oleh robot.
Dan kemudian kalo skenario lain terjadi, manusia perkembangannya dikendalikan oleh robot dan mesin, mulai dari reproduksi, makan, minum, dan semuanya dikendalikan oleh robot. Dan manusia hanya hidup di alam mimpi alias di dalam software bikinan robot seperti dalam film The Matrix. Hmm, mengerikan.
Yah, di jaman yang serba canggih kayak gini, apa sih yang ga mungkin dibikin oleh manusia? Perkembangan teknologi aja yang tadinya hitungan tahun, sekarang sudah masuk hitungan minggu. Minggu pertama dirilis teknologi A, tapi dua minggu kemudian sudah dirilis lagi teknologi B yang merupakan update dari teknologi A yang melengkapi dan memperbaiki celah yang ada di teknologi A. Kayaknya ga jauh lagi dari sekarang, teknologi yang semuanya mengandalkan kerja robot bakal terjadi, atau sudah terjadi? Atau teknologi komputer Artificial Intelligence yang ketika kita meninggalkan rumah tanpa terkunci saja, rumah itu sendiri yang manjaga dirinya? Apa itu juga sudah? Wah, gw ga tau lagi... Kita lihat saja nanti.

1 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.